GGMNOLFNKFHJFMJHNOH

Iklan

iklan

Kanal

Entertainment

Video View All

Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Economy

Sport

Health

Music

Iklan

iklan

1 Maret Google Tak Jadi Browser Utama Android & Penggantinya

Micro IT .NET Technology
07.13.00 Last Updated 2020-09-03T07:38:29Z
Foto: Freepik

Jakarta - Mulai 1 Maret 2020, Google tak lagi menjadi mesin pencari (search engine) utama di ponsel dan tablet Android baru. Google telah dituntut harus menyediakan alternatif search engine yang diinstall ketika pertama kali ponsel diaktifkan.

Perubahan ini berlaku di wilayah Uni Eropa setelah pengadilan memutuskan Google melakukan aksi anti persaingan dalam seach engine di perangkat Android pada Juli 2018. Atas masalah ini UE menghukum Google denda US$5 miliar.

Berdasarkan keputusan pengadilan, Google harus menyediakan empat alternatif search engine di ponsel Android. Google pun sudah merilis daftar search engine pilihan pengguna selain Google di 31 negara Uni Eropa.


Pilihan terbanyak ternyata jatuh ke search engine DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall dan Qwant dan Yandex, seperti dikutip dari blog Android.com, Senin (13/1/2020).

Selain itu, berikut layanan mesin pencari web alternatif terpopuler yang bisa digunakan di Android;

1. DuckDockGo

Dilansir dari Business Insider, DuckDuckGo merupakan search engine dengan tagline "Privacy, Simplified". Search engine ini menghindari hasil pencarian yang dipersonalisasi dan tidak memprofilkan pengguna, untuk melindungi privasi pengguna.

2. Microsoft Bing Search

Mesin pencari web buatan Microsoft ini menawarkan tampilan antar-muka dengan wallpaper yang bisa dirubah sesuka hati oleh pengguna. Bing terintegrasi langsung dengan Google Lens atau Microphone untuk mencari sesuatu secara akurat melalui gambar atau suara. Layanan ini juga mempunyai fitur reading mode untuk membaca dengan layar penuh.

Foto: Edward Ricardo


3. Yahoo Search
 
Mesin pencari web ini memiliki dua fitur favorit yaitu Search Assist yakni dapat memberikan saran secara instan ketika pengguna sedang mencari. Dan pengguna dapat melakukan pencarian secara bebas menggunakan fitur pencarian suara.

4. Qwant

Qwant merupakan mesin pencari web yang memiliki kemampuan untuk melindungi privasi dengan tidak melacak pengguna dan iklan. Selain itu, Qwant juga memiliki dedikasi lebih terhadap musik dengan fitur "Qwant Music", pengguna bisa mendapat berita atau informasi terakhir dari musisi favorit.


5. Startpage Private Search

Startpage mengklaim bahwa mesin pencariannya menjunjung tinggi privasi dengan tidak melacak pencarian dari pengguna dan tidak bisa diretas karena semua pencarian dienkripsi menggunakan enkripsi SSL yang kuat.

Banyak fitur privasi dalam layanan ini, contohnya StartPage tidak pernah menggunakan cookie pelacakan, tidak pernah mencatat alamat IP, menghapus istilah pencarian Anda, sehingga tidak dapat dilihat oleh situs web yang Anda kunjungi.

Foto: Freepik


6. Swisscows
Swisscows memiliki fitur utama yaitu teknologi Intelligent Data Cloud yang membantu mengurangi waktu pencarian karena jawaban dihasilkan dengan cepat dan efisien dari kumpulan data yang didasari pada pengenalan informasi semantik.

7. Ecosia

Ecosia diidentikkan sebagai browser penanaman pohon. Berbeda dengan mesin pencarian lannya, Ecosia memiliki komitmen kalau keuntungan atau uang yang dihasilkan dari pencariannya akan digunakan untuk menjalankan program reboisasi dan memberdayakan masyarakat di seluruh dunia.

Show comments